orang-orang yang di PHK dan kemampuan wirausaha

25 10 2007

Masih tetap dengan beberapa kesibukan sehari-hari, yang terasa seperti ‘pekerjaan’ bukan sebuah ‘bisnis’ lagi. Rencana saya membuat bisnis baru tetap berjalan. Ada hal-hal yang masih dilakukan, yaitu menyiapkan infrastruktur.

Infrastruktur adalah sebutan pribadi saya untuk hal-hal yang mendasari sebuah bisnis, misalnya alat-alat, produksi, orang-orang, dan sebagainya agar sebuah usaha bisa berjalan lancar.

Saya menulis ini sambil melihat TV, melihat berapa banyak orang diluar sana sedang memperjuangkan sebuah pekerjaan. Orang-orang di PHK, mencari kerja di kota tanpa kemampuan, penangkapan pencari kerja tanpa keterangan tempat tinggal, dan sebagainya. Banyak permasalahan terjadi di sekitar kita akibat buruknya situasi ekonomi saat ini. Saya pikir sangat penting untuk mengembangkan ketahanan dalam kehidupan wirausaha bagi setiap orang. Apakah itu menarik becak, menjual makanan, dan sebagainya adalah hal-hal sederhana yang dapat menumbuhkan ketahanan ekonomi kelas bawah.

Namun bagi mereka yang memiliki pendidikan, sangat memprihatinkan bila mereka tidak daapt bangkit bila di PHK dari perusahaan mereka. Seperti yang terjadi pada beratus orang di perusahaan investasi Jepang. Sangat mudah bukan bagi para pemilik perusahaan untuk menutup perusahaan? Sementara bagi para buruh, mereka tidak memiliki ketahanan untuk mengatasi situasi ini, kecuali menunjukkan emosi mereka dengan berdemo.

Saya pikir, dari sisi entrepreneurship, di PHK justru merupakan sebuah jalan untuk menuju penciptaan lahan kerja atau wiraswasta baru bagi mereka yang di PHK, sehingga mereka bisa berdikari. Masalahnya, sebagian orang tidak memiliki kemampuan, ketahanan, dan cara berpikir yang dibutuhkan untuk berwirausaha, karena mereka tidak mendapatkan pendidikan wiraswasta, atau tidak mengembangkan diri dalam pengetahuan wiraswasta.

Saya tidak prihatin pada orang-orang yang di PHK, hanya saya prihatin dengan orang-orang diPHK yang tidak dapat bangkit kembali, …


Aksi

Information

2 responses

22 09 2008
idham

Gimana kabar?msh ingat aku… pak Probo udh sukses nih?

25 09 2008
bopswave

Oh masih ingat Dham.
Saya masih mas. Belum bapak seperti pak Idham. Hehe..

Sukses? Hmmmm…. tergantung, sukses dari kacamata siapa nih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: