Kegagalan dalam berusaha atau berbisnis

9 10 2007

Entah berapa kali saya gagal dalam berusaha, mungkin sudah puluhan kali. Hal ini karena sejak pertama kali saya memutuskan ber’usaha’ sendiri, saya membuat sedikitnya 12 jenis rencana usaha yang ingin saya lakukan. Gila memang, kalau saya pikir, waktu itu 3 tahun lalu, saya merasa energi saya masih sangat besar untuk memulai sesuatu. Maklum, barusan lulus kuliah.

Dibandingkan sekarang, sebenarnya saya memiliki energi yang sama, hanya lebih sedikit, namun dalam kadar yang sangat hati-hati. Saya tidak begitu saja memutuskan untuk membuka sebuah usaha bila saya pikir tidak prospektif.

Baiklah. Apa saja rencana usaha saya 3 tahun lalu? Saya sebutkan saja diantaranya (yang tidak terkesan bodoh… hehe);

  • Membuat acara televisi, dengan membuat proposal gila yang saya ajukan ke pimpinan sebuah televisi lokal. Saya bahkan sampai hingga tahap meeting dengan pimpinan TV itu langsung. Disetujui namun saya diminta kolaborasi dengan pihak lain. Saya tidak setuju.
  • Membuat majalah gratis yang beriklan, yaitu free magz yang dibagi-bagikan di tempat2 strategis. Untuk ini saya waktu itu bekerja dengan komputer pentium 1 dan mondar-mandir berusaha menemui pimpinan-pimpinan usaha seperti toko, distro, kafe, dan sebagainya. Saya gila, berjuang sendiri dengan penampilan saya mirip2kan dengan sales, namun saya tidak mendapat respon banyak.
  • Membuat usaha web design, saya membagi-bagikan proposal pengadaan website ke berbagai perusahaan yang belum punya website namun sudah memiliki email, yang saya cari di yellow pages. Pertama kali saya ‘nyales’ untuk web design ini, dengan membawa secarik brosur fotokopian, dengan bersandal jepit (BENAR INI), menemui pimpinan perusahaan yang senyum-senyum saja melihat saya, … dia melihat kesungguhan saya namun tidak berminat dengan produk web design saya. Setidaknya saya pikir waktu itu; saya bangga bahwa saya bekerja UNTUK PERUSAHAAN SAYA SENDIRI, bukan untuk orang, meskipun saya belum berpenghasilan.
  • Berbagai ide gila usaha sendiri lainnya.

Orangtua saya harus saya diamkan dulu sebelum 1, 2, 3 jenis usaha sendiri yang saya rancang mulai menunjukkan hasil. Awal-awal usaha jelas adalah masa-masa paling ‘menyakitkan’ sekaligus sangat ‘menggairahkan’ untuk saya, yang harus saya tanggung sendiri. Saya harus mengecewakan ibu saya karena saat pendaftaran CPNS tiba, saya sama sekali tidak berminat dan saya utarakan pada ibu. Saya pernah bekerja tapi hanya sehari langsung tidak betah. Saya sibuk kesana kemari sebenarnya untuk memulai usaha, namun saya sering berkata bahwa saya sedang melamar pekerjaan. Lambat laun orang-orang tahu bahwa saya tidak ingin bekerja. Saya ingin berusaha.

Saat ini, saya memiliki cukup dana untuk memulai berbagai usaha mandiri yang layak dijalankan. Sedikit demi sedikit saya coba jalankan satu persatu. Namun saya tidak pernah berjalan tanpa planning. Saat ini saya mungkin tidak hadir dengan berpuluh-puluh ide usaha, namun saya sekarang hadir dengan sedikit ide usaha yang lebih berpeluang untuk sukses. Mungkin saya lebih menyempitkan lagi ide itu, atau sebenarnya saya menjadi lebih terlatih untuk melihat peluang.

Ini semua mungkin karena satu bacaan yang menggugah saya; yaitu seri Rich Dad Poor Dad karangan Robert T. Kiyosaki. Ya, saya salah satu korban perspektif orang ini, kalau bukan seseorang yang sangat mengagumi Kiyosaki.

Itulah sekelumit cerita tentang diri saya, yang jarang saya bicarakan dengan orang kecuali dengan beberapa teman saja. Saya harap teman-teman diluar sana bisa sharing dengan saya, atau setidaknya saya sharing dengan Anda semua.


Aksi

Information

12 responses

10 10 2007
senyumeva

wiks…..lom kenal kok jadi yang vertama ya……hehehe……………

Salam kenal ya……..

10 10 2007
unkunk

emailnya apa mas?
ingin tanya-tanya nih🙂

10 10 2007
bopswave

#halo Senyumeva,
Kutersenyum untukmu… (soalnya blognya puitis bgt)
(menahan kata2 puitis lainnya)

#halo unkunk…
kenapa harus ke email? Disini aja bisa kali ya tanyanya…

12 10 2007
Yuslia

Terus sekarang bisnisnya apa nih Oom?

12 10 2007
bopswave

halo Yuslia, macem2 sekarang. Nyambi2 yang penting dapet penghasilan gitu… overall, saya seorang businessman bukan employee, jadi sehari2 mikir… bisnis ini dibikin spt apa biar hasilnya lebih banyak. Gitu.

Macam usaha saya agak beragam, yang bisa ‘muncul’ dengan baik dan jadi core bisnis ya jadi konsultan arsitektur rumah tinggal.

12 10 2007
bopswave

eh jangan panggil OM dong, panggil mas aja… aku masih muda kok.

(sooo cliche!!)

btw, minta doanya teman2 biar saya bisa bikin bisnis baru lagi.

15 04 2008
udhey

bos salam kenal ni
saya salah satu penggemar kiyosaki yang teracuni virus2 bisnis beliau jg.
kapan2 pengen share nih sama si bos. biasanya klo ketemu sama orang yang berjiwa usaha lg suka termotivasi lg semangatnya nih.

13 08 2008
Adry

mas, sekarang lagi sibukh apa?
wah2, pengalaman yg berharga..
maw donk qt berbincang seputar usaha..
saia ni masi kuliah smster 3..tp dapat cumlaude karna nyusun Business Plan yg kt dosen mantebh..
yuk mari kita berbincang..minta e-mailnya donk, ni e-mail saia,
a7dry@yahoo.com
qt sama, orientasi saia kul untuk usaha..
senang baca blog anda.. ^^

13 08 2008
bopswave

Hai Adry,
lagi sibuk kembangkan bisnis dong.
Sekarang ini memang iklim bisnis sangat beragam, kadang naik kadang turun.
Eniwei, selamat yah dengan cum laudenya… hehe..

tau nggak rahasia saya; IP saya kecil banget loh…!

17 09 2009
Samuel

Salam Mas,
Rangkaian seri rich dad + advisor udah sy lahap, smp ke game Cashflow 101-202. Tp jelas sy blom bs nyamain keberanian anda dgn langsung nyebur ke dunia usaha (Mgkn ini yg sy sesalkan). Sy br aja wisuda & akan ambil CPNS (demi pmintaan keluarga), tp moga ini lompatan bt modal usaha nantiny..

So, thx bt ‘cipratan keberanian anda, keep d gud fight

25 05 2011
rizal bagus f

salam kenal,
saya salut atas semua usaha sampeyan,semoga keberuntungan akan segera datang. Tuhan tidak menolak impian dan do’a seorang hambanya, tapi hanya menundanya hingga kita siap menerimanya, saya percaya itu. tetap semangat brother..

28 05 2011
bopswave

@samuel: Wah… goodluck my friend… langkah awal adalah yang tersulit, tapi tanpa langkah awal, semua hanya mimpi…

@rizal: Amin… terimakasih. Bisnis kontraktor dan konsultan saya sudah mulai berkembang dan mulai blooming seperti yang saya harapkan ….

terimakasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: